APA ITU GLUTAMINE

 

Glutamine merupakan asam amino yang paling banyak ditemukan dalam tubuh, Glutamine (atau L-Glutamine) membentuk lebih dari 60 persen dari jaringan otot rangka. Ini adalah bahan bakar saluran pencernaan dan yang sangat dibutuhkan sistem kekebalan tubuh, dan 19 persen dari molekul Glutamine terdiri dari nitrogen, sehingga merupakan konduktor utama nitrogen untuk otot-otot. Glutamine terutama ditemukan terkonsentrasi tinggi di otak, otot, lapisan usus, paru-paru, jantung, ginjal, dan hati mana ia memiliki beberapa fungsi dan kritis.

 

Glutamine penting untuk beberapa fungsi tubuh.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi Glutamine :

  • Sumber energi utama bagi sistem kekebalan tubuh.
  • Glutamine diubah menjadi asam glutamat di otak dan meningkatkan sintesis GABA, suatu neurotransmitter otak yang penting. Banyak yang percaya bahwa L-Glutamine meningkatkan fungsi mental.
  • Mempertahankan integritas struktural dari lapisan usus.
  • Memainkan peran utama dalam sintesis protein otot dan sel-volumizing.
  • Membantu mengontrol gula darah.

 

Jika kekurangan Glutamine:

 

Kekurangan akan kadar Glutamine umum terjadi dalam gaya hidup yang sibuk saat ini dan merupakan salah satu penelitian utama yang dilakukan oleh praktisi medis dengan menggunakan tes darah untuk memastikan tingkat asam amino pada pasien dengan gejala penyakit kronis, disfungsi dalam fungsi kognitif dan suasana hati, menjadikannya sebagai substansi yang semakin populer tidak hanya di dunia atletik, tetapi dalam praktek medis.Selama periode stres, trauma atau hanya pelatihan intensif olahraga, kekurangan akan Glutamine terjadi yang ditandai dalam bentuk penurunan kekuatan dan pemulihan stamina - di mana dibutuhkan hingga enam hari untuk kembali ke tingkat normal. Penelitian menunjukkan bahwa selama pelatihan intensif kadar Glutamine menurun hingga 50%.

 

Bagaimana suplemen Glutamine bekerja?

 

Apa yang Glutamine lakukan memainkan peran penting dalam metabolisme protein, seperti volumizing sel, peningkatan produksi dan sekresi Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) dan anti-katabolisme yaitu gangguan dan kerusakan jaringan otot, terutama di binaragawan.

Meskipun, belum ada penelitian konklusif untuk efek dari suplemen pada orang dewasa yang melakukan angkat beban, penelitian terbaru menunjukkan bahwa peningkatan dramatis tingkat HGH hinga 400% dapat terjadi dengan konsumsi hanya 2 gram suplemen ini.

Penelitian lain menunjukkan bahwa setelah latihan yang intens, peningkatan asam laktat terjadi di otot, tapi pada saat yang sama tingkat Glutamine berkurang sebanyak 50%. Studi juga menunjukkan bahwa suplementasi Glutaminee efektif mengurangi kerusakan jaringan otot dan meningkatkan metabolisme protein.

 

Siapa yang mendapatkan manfaat dari Glutamine?

 

Binaragawan dan para atlet bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan asupan Glutaminee. Seperti disebutkan di atas, ketika binaragawan berlatih, tingkat Glutamine bisa drop secara dramatis. Katabolisme otot dapat terjadi ketika tubuh merampas otot-otot Glutamine untuk digunakan dalam sistem kekebalan tubuh atau transportasi nitrogen. Suplementasi Glutamine dapat membantu mengurangi efek dari katabolisme otot.

 

Dosis Glutamine:

 

Umumnya dosis Glutamine berkisar dari 10-20g per hari. Tidak ada studi klinis yang menentukan jumlah yang tepat dari Glutamine diperlukan untuk optimasi metabolisme otot.

 

Efek samping Glutamine:

 

Meskipun penelitian menunjukkan tidak ada efek samping dari tingkat mengkonsumsi Glutamine, mungkin orang yang perlu sedikit berhati-hati adalah penderita diabetes. Pada penderita diabetes (baik tipe 1 dan tipe 2) ada banyak volatilitas dalam metabolisme Glutamine. Tingkat Glutamine yang lebih tinggi dipecah oleh liver mereka dan ginjal untuk produksi glukosa. Perhatian diperlukan di sini bahwa penderita diabetes harus mendiskusikan asupan suplemen Glutamine dengan dokter mereka sebelum melakukannya.

Home
Products
Promo
Articles
Testimony
Order
Contact