Apa itu protein whey dan darimanakah asalnya?

 

Whey protein adalah sumber utama dari protein!

Protein ini adalah protein dengan kualitas tertinggi yang tersedia. Whey protein adalah sumber yang kaya asam amino rantai bercabang (BCAA), yang mengandung kadar BCAA tertinggi yang dikenal dari sumber makanan alami. Whey protein merupakan salah satu dari 2 jenis protein yang berasal dari susu (yang lainnya protein kasein). Protein ini didapatkan dari proses susu sapi yang berubah menjadi keju. Ketika susu sedang berubah menjadi keju, whey protein akan terbentuk sebagai produk sampingan yang terbentuk dari proses ini.

 

Apakah ada makanan mengandung protein whey?

Whey protein dapat ditemukan dalam bubuk protein, protein bar dan beberapa minuman. Namun, banyak makanan memang mengandung kadar protein yang tinggi. Berikut adalah jenis yang paling umum dari makanan ber protein tinggi:

  • Daging merah bebas lemak (20% protein)
  • Ayam (20% protein)
  • Ikan (20% protein)
  • Telor (6-8% protein)
  • Keju (10-30% protein, namun tinggi lemak)

 

Apa saja jenis whey protein yang ada?

Terdapat 2 jenis utama dari whey protein , whey protein concentrate dan whey protein isolate. whey protein concentrate adalah protein rendah lemak, memiliki nilai biologis tertinggi dan biasanya sekitar 75% protein murni berat. Whey protein isolate adalah bentuk protein paling murni. Isolate diproses untuk menghilangkan lemak dan laktosa. Biasanya whey isolate ber protein sekitar 90% + murni protein berat.

 

Suplemen protein whey umumnya jatuh ke dalam 3 kategori.

Whey protein isolate, whey protein concentrate dan whey protein blends. whey protein concentrate adalah yang termurah, namun memiliki tingkat lemak dan laktosa tertinggi . Whey protein isolate sebagian besar terdiri dari protein murni dan benar-benar nol karbohidrat, laktosa dan lemak. Biasanya harga protein ini lebih tinggi dari concentrate. Dan akhirnya, whey protein blends adalah protein paling populer. Seperti namanya, produk ini menggabungkan whey protein isolate dan concentrate untuk membuat produk yang berkualitas tinggi (dengan profil asam amino yang mengagumkan), dengan harga yang terjangkau kepada konsumen.

 

Apakah yang dilakukan whey protein?

Whey protein jauh lebih unggul dari semua bentuk lain protein. Whey protein ini memberikan tubuh profil asam amino yang sempurna untuk membangun otot, kekuatan dan pemulihan. Binaragawan dan atlet profesional semua tahu pentingnya menggunakan suplemen protein whey untuk membantu meningkatkan ukuran, kekuatan dan mempercepat waktu pemulihan.

 

Whey juga dapat menyerap dengan cepat, yang berarti ia sampai ke posisi dimana ia dibutuhkan secara cepat. Suplemen Whey protein memainkan peran besar dalam nutrisi pasca-latihan, ketika tubuh Anda dalam keadaan katabolik dan membutuhkan suntikan cepat protein. Whey protein juga bekerja sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa suplementasi rutin dengan whey protein mempromosikan sistem kekebalan yang kuat.

 

Fungsi dari Whey Protein:

  • Meningkatkan massa otot bebas lemak
  • Mengurangi waktu recovery dan mempercepat masa pemulihan
  • Mengurangi kerusakan otot pasca latihan
  • Meningkatkan metabolisme

 

Siapa saja yang mendapatkan keuntungan dari menggunakan suplemen protein whey? Whey protein secara tradisional digunakan antara binaragawan dan atlet karena kemampuannya untuk meningkatkan pertumbuhan otot. Tapi beberapa studi ilmiah baru menunjukkan whey protein dapat digunakan dalam aplikasi lain. Beberapa di antaranya adalah: penurunan berat badan, pengobatan kanker, kesehatan bayi, penyembuhan luka dan orang tua. Hampir semua orang bisa mendapatkan keuntungan dalam beberapa cara dari suplemen protein whey.

 

Apakah whey protein memiliki efek samping?

Tidak ada efek samping terdokumentasi yang terjadi pada seseorang yang tidak memiliki alergi terhadap protein susu atau perlu membatasi produk susu untuk alasan medis. Jika Anda alergi terhadap protein susu silakan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi jenis protein whey.

 

Memilih Whey Protein yang tepat untuk anda:

Ketika anda hendak memilih suplemen whey protein yang benar untuk anda, terdapat 2 hal yang harus dipertimbangkan, yaitu kualitas dan budjet. Seperti yang telah disebutkan diatas, terdapat 3 tipe whey protein yang tersedia :

  • Whey protein isolate – bentuk whey protein paling murni
  • Whey protein concentrate – tidak terlalu murni, mengandung lemak dan laktosa
  • Whey protein blend – campuran dari kedua protein diatas

 

Jelasnya, semakin murni dan tinggi kualitas dari produk tersebut, semakin mahal pula harganya. Inilah alasan kenapa whey protein isolate adalah bentuk whey protein termahal. Tapi apa yang anda bayar adalah apa yang anda dapatkan, whey protein murni dengan lemak mendekatin nol, tanpa carbo dan laktosa. Ini adalah kualtias protein tertinggi dan akan memberikan anda protein dengan kandungan tertinggi dengan kalori yang kecil. Jadi, jika anda memiliki lebih banyak uang untuk dihabiskan, whey protein isolate adalah pilihan terbaik.

 

Kelebihan Whey Protein Isolate:

  • Bentuk protein paling murni yang tersedia
  • 0 Fat, 0 lactose, 0 carb
  • Kandungan asam amino yang komplit
  • Protein lebih banyak setiap servingnya
  • Ideal untuk muscle building & fat loss

 

Kekurangan Whey Protein Isolate:

  • Lebih mahal dibandingkan dengan protein concentrate dan blends

 

Walaupun whey protein concentraqte tidak lah semurni whey protein isolate, tetapi protein ini tetap memiliki kualitas yang tinggi dan kaya dengan asam amino. Karena whey protein concentrate tidak semurni protein isolate, ini bearti anda akan mendapat protein yang lebih sedikit dalam setiap scoop dan biasanya kalori yang lebih besar. Ini mungkin tidak akan menjadi masalah bagi seseorang yang sedang mencari massa tubuh, tetapi untuk menurunkan berat badan atau seseorang yang sedang diet atau bersiap untuk mengikuti kompetisi, ini mungkin akan menjadi sebuah masalah berarti. Perbedaan nya biasanya sekitar 2-5gr protein per scoop. Untuk 30gr scoop whey protein isolate mungkin memiliki 25gr proteim dan 105 calori, namun pada concentrate mungkin hanya memiliki 21gr protein dan 130 kalori.

 

Kelebihan Whey Protein Concentrate:

  • Harga yang lebih ekonomis
  • Asam amino yang tinggi
  • Bagus untuk pertumbuhan otot

 

Kekurangan Whey Protein Concentrate:

  • Lemak dan carbo yang lebih tinggi dibanding whey protein isolate
  • Calori preserving yang lebih banyak dari lemak

 

Jadi, untuk sekarang anda mungkin akan berpikir pilihan antara hitam dan putih, protein berkualitas untuk harga yang lebih mahal atau protein dengan kualitas yang lebih rendah dengan harga yang lebih ekonomis. Tetapi, disini terdapat jalur tengahnya !

 

Whey protein blends, seperti namanya, merupakan campuran dari whey protein isolate dan concentrate. Dengan pencampuran ini, pembuatan suplemen telah menemukan jalur tengah yang baik antara harga dan kualitas. Tidak semua protein blend dibuat secara merata. Beberapa memiliki isolate leb ih banyak dari concentrate dan sebaliknya. Cara agar dapat mengetauhinya adlah Dari melihat komposisinya. Sumber protein yang tercantum di awal/paling pertama pada komposisi adalah komposisi utama dari protein. Hal ini wajib diketauhi untuk anda yang sedang menimbang akan membeli whey protein yang cocok untuk anda.

 

keuntungan Whey Protein Blends:

  • Perpaduan baik dari isolate dan concentrate
  • Cocok di dompet
  • Asam amino yang lebih baik
  • Terdapat sedikit lemak, carbo dan lactose dibanding whey protein concentrate

 

Kekurangan Whey Protein Blends:

  • Lebih banyak lemak, carbo dan laktose dibanding whey protein isolate
  • Beberapa protein blend sebagian besar terdiri dari protein concentrate

 

Whey Protein – Pertanyaan umum dan jawabannya

Bolehkah whey protein dicampurkan dengan supplemen lain?

Tentu saja, faktanya, whey protein dapat bercampur dengan baik dengan hampir semua suplemen lainnya yang ada ! beberapa contohnya adalah seperti creatine, bcaa, dan glutamine.

 

Berapa banyak protein yang harus saya konsumsi?

Berapa banyak protein yang anda perlukan sepenuhnya tergantung dari berat anda, tingkat olahraga dan goal anda. Biasanya para atlet akan mengonsumsi protein antara 1 hingga 2 grams protein perberat badan setiap harinya.

 

Kapankah waktu terbaik untuk menggukanan whey protein?

Kapan waktu terbaik menggukana whey protein adalah bergantung pada goal anda. Whey protein adalah suplemen yang cepat menyerap, jadi adalah ideal untuk kapan anda membutuhkannya secara cepat. Biasanya whey protein akan digunakan awalnya pada pagi hari, setelah berolahraga dan sebelum olahraga. Whey protein juga dapat dicampurkan dengan casein protein dan digunakan antara waktu makan dan sebagai pengganti makan anda.

Home
Products
Promo
Articles
Testimony
Order
Contact